Ini yang ditakutkan bagi pengendara mobil yang baru bisa yaitu mobil mogok dijalan, tentunya sebagai pengendara mobil pribadi ketika mogok dijalan harus punya pengetahuan apa yang harus dilakukan ketika mobil mogok.
Ketika mogok berhenti dijalan, tetap tenang dan tentunya meminta tolong untuk mendorong menepi terlebih dahulu agar tidak menganggu pengendara yang lainnya.
|
Ilustrasi Mogok, Gambar sumber dari diklusemasfajarsakticepu.wordpress.com |
Pengetahuan ketika mobil mogok ada beberapa kemungkinan bisa terjadi mogok, dan yang harus dilakukan ketika mobil mogok, diantaranya bisa terjadi tidak bisa di starter, karena over heat, karena bensin habis, karena aki soak.
Yang Harus dilakukan Ketika Mobil Mogok Di Jalan berikut penyebab dan cara mengatasinya
1. Tidak bisa di starter
Yang harus dilakukan ketika tidak bisa di starter :
Indikasi adanya masalah adalah saat distarter mesin sepertinya susah ‘ngangkat’, putaran roda timing lambat. Orang bilang akinya ‘tekor’. Kalau koil biasanya jarang ada masalah, kecuali di kabel-kabel sambungan ke distributor, sumber tegangan dan condenser yang kendor atau terputus. Kencangkan baut dan hubungan kabel-kabel koil tersebut. Saya pernah mengalami, mesin tidak bisa hidup karena kabel kecil dari koil ke condenser ternyata putus di dalam, hmmm, dan setelah diganti kabelnya, mesin jadi ‘tokcer’.
Konsentrasi ke aki, ada 2 kemungkinan dengan aki: 1) setrum kurang (‘tekor’), dan 2) sambungan di kepala aki kendor atau ada korosi di kepala aki. Untuk mengatasinya, cobalah:
Kencangkan baut-baut di kepala aki, bila perlu bersihkan dulu kepala aki dengan air panas, biar kotoran hilang. Dan ketok pake palu, hehehe, kayak iklan aja, just joke. Jika putaran roda timing sudah bisa cepat, permasalahan dengan aki sudah teratasi.
Ketika bengkelnya jauh. Bisa diatasi dengan paralel dengan aki mobil orang, baik tetangga atau pengemudi lain bila di tengah jalan, (pastinya pinjem dulu). Coba jalankan mesinnya, jika bisa jalan, selagi mesin nyala lepaskan aki orang tersebut, biarkan aki kita dicharge dulu dari dinamo. Biarkan sampai sekitar 5 menit, matikan mobil dan coba nyalakan lagi. Jika nggak bisa ngangkat, ada masalah dengan dinamo kita, tidak bisa mencharge aki. Pinjam lagi aki orang, dan perbaiki dinamo ke tukang dinamo.
2. Overheat
Yang harus dilakukan ketika tidak mesin over heat :
Overheat temparatur mesin mobil panas berlebihan, atau kekurangan oli ini cukup sulit juga karena cara mengatasinya menderek kebengkel untuk turun mesin, jadi ketika perjalanan penting sekali mengecek oli dan juga temparaturnya.
3. Bensin Habis
Yang harus dilakukan ketika tidak mesin bensin habis :
Pastikan ketika mogok apakah bensin mencukupi atau memang habis, jika habis anda harus cari bbm, jika tidak berikut ulasan kemungkinan lainnya ada pada karburator
4. Karburator
Komponen ini memasok bahan bakar/bensin untuk pengapian. Dari tank bensin, bahan bakar dipompa oleh pompa bensin ke karburator. Di karburator, campuran bensin dan udara diinjeksikan ke pengapian untuk menggerakan mesin (seher). Jadi, yang perlu diperiksa adalah karburator dan pompa bensin. Karburator banjir (kebanyakan bensin) atau kekurangan bensin akan menyebabkan mesin tidak mau jalan.
Setelan karburator yang kurang baik, kadang bisa membuat karburator kelebihan bensin (banjir). Ini bisa menyebabkan mesin susah dihidupkan. Coba buka filter udara di atas karburator, apakah karburator banjir atau tidak. Kalau banjir, biarkan terbuka beberapa saat. Dan hidupkan kembali mesin tanpa menginjak pedal gas atau injak dalam-dalam (tanpa dikocok) dan hidupkan mesin. Begitu mesin nyala, lepaskan injakan gas.
Supplai bensin yang ngadat juga akan menyebabkan mesin ngadat juga, bagaimana mau jalan, bensinnya aja tidak ada? ibarat kehabisan bensin aja. Mogok yang terjadi karena aliran bensin yang tidak lancar bisa terjadi baik saat mesin pertama di start, maupun saat enak-enaknya melaju kencang tiba-tiba mesin mati, karena kurangnya pasokan bensin.
Ada 2 penyebab ngadatnya aliran bensin ini:
1) karburator kotor, dan
2) pompa bensin tidak sempurna/aus/rusak.
Kurangnya bensin karena karburator yang kotor bisa diatasi, dengan menstater mesin sementara lubang atas karburator tertutup. Caranya buka saringan udara, tutup lubang atas dengan telapak tangan, dan minta orang lain untuk menstater mesin. Bensin akan tersedot dari tank menuju karburator, mungkin juga dengan membawa kotoran-kotoran yang menyumbat lubang bensin. Kalau bisa hidup, berarti memang masalah dengan karburaotor, servis karburator setelah sampai tujuan.
Demikian yang saya pelajari hari ini yaitu tentang Yang Harus dilakukan Ketika Mobil Mogok Di Jalan, semoga membantu bagi anda yang sama baru belajar mobil dan ingin mengetahui bagaimana mengatasi ketika mobil mogok
Sekian, simak juga postingan lainnya
kumpulan spesifikasi mobil dan kelebihannya
Sumber referensi :
1. https://edwidianto.wordpress.com/2008/11/03/ketika-mobil-kita-mogok-apa-yang-kita-lakukan/
2. http://otomotifmobil.com/2014/07/cara-mengatasi-mobil-mogok-tidak-bisa-distarter.html